rencana-tuhan-bagimublogblog.wordpress.com

Kita selalu memiliki banyak rencana, betul kan? Rencana ingin lulus kuliah cepat, rencana ingin langsung kerja setelah lulus kuliah, rencana kerja di tempat kerja yang keren, rencana menikah, rencana sekolah lagi, dan lain-lain. Tapi rencana-rencana tersebut tidak semua dengan mudah diwujudkan. Seperti kata-kata bijak, “manusia berencana tapi Tuhan pula yang menentukan”.

Ya seperti itulah memang. Rencana yang sudah dirancang sedemikian rupa bisa jadi hanya tinggal rencana. Bukan karena apa-apa tetapi Tuhan berkehendak lain. Tuhan selalu punya rencana bagi makhluknya yang pasti lebih indah dan terbaik.

Tetapi yang namanya manusia seperti aku selalu saja mengeluh kalau Tuhan punya rencana lain untukku. Akibatnya jadi stress sendiri. Padahal kan kita harus bersyukur ya dengan segala yang kita dapat. Betul ga ya, kalau misalnya rencana yang telah disusun sedemikian rupa itu tidak terwujud adalah suatu pertanda dari Tuhan bahwa kita harus melepasnya? Melepas karena mungkin belum saatnya. Atau memang kita harus melakukan hal-hal lain terlebih dahulu yang lebih penting.

Entahlah …

Yang pasti, rencana Tuhan adalah yang terbaik untukku.

 

Advertisements