Selamat HAN 2016-

 

Inginku kembali ke masa yang lalu
Bahagianya dulu waktu kecilku
Ku dengar cerita mama papa bilang
Aku lincah lucu waktu kecilku
Waktu kecilku, aku suka bernyanyi” – Masa Kecilku, Elfa’s Singers

Mungkin diantara kamu masih ada yang ingat dengan penggalan lagu Masa Kecilku karya Elfa Secioria yang dibawakan oleh kelompok vocal Elfa’s Singers tadi. Ingat masa kecil alias ingat masa anak-anak yang bahagia dan sebagainya. Kenapa ingat lagu itu? Ya karena sebentar lagi Indonesia akan memperingati Hari Anak Nasional.

Yaaa … tanggal 23 Juli adalah Hari Anak Nasional dan selalu diperingati setiap tahunnya di Indonesia. Mengapa tanggal 23 Juli? Ya penetapan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional secara hukum disahkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984 tentang Hari Anak Nasional dalam rangka pembinaan untuk mewujudkan kesejahteraan anak-anak di Indonesia.

Setiap tahunnya, Peringatan Hari Anak Nasional selalu mengusung tema-tema tertentu. Nah, untuk tahun 2016, tema Peringatan Hari Anak Nasional adalah “Akhiri Kekerasan terhadap Anak”.

Ya, isu kekerasan terhadap anak diangkat sebagai tema Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2016 karena maraknya kasus kekerasan terhadap anak di Indonesia akhir-akhir ini. Miris sekali memang, anak-anak sejak jaman dulu sampai sekarang semakin rentan dengan aksi kekerasan yang dilakukan oleh teman sebaya, orang dewasa lainnya bahkan di lingkungan keluarga yang notabene merupakan tempat perlindungan yang utama bagi anak itu sendiri. Masa kecil yang sejatinya penuh dengan cerita bahagia seolah berganti menjadi cerita horror yang mengerikan.

Kalau cerita horror yang didapat, bagaimana ketika dewasa nanti mereka mengenang masa kecilnya? Pastinya tidak akan lagi terbersit di benak mereka ingin kembali ke masa kecil seperti penggalan lagu tadi. Yang ada, hanya ingin melupakan. Betul tidak?

Peringatan Hari Anak Nasional kali ini diharapkan menjadi momentum bagi semua pihak untuk terus melakukan berbagai macam upaya agar anak-anak Indonesia dapat terpenuhi segala hak-haknya, terlindungi serta mendapat perlakuan yang baik. Adalah tugas, kewajiban dan tanggung jawab kita semua agar anak-anak Indonesia dapat menikmati masa-masa kecilnya yang bahagia tanpa adanya kekerasan, eksploitasi serta diskriminasi sesuai amanat UUD 1945.

Kita lakukan bersama-sama yuk …

Selamat Hari Anak Nasional!

Advertisements