Judul di atas, penulis ambil dari sebuah peribahasa yang artinya siapa pun yang berbuat kejahatan maka ia akan menerima akibat dari perbuatannya itu.

Kisah dari Afrika berikut ini mengajarkan kepada kita agar berbuat baik pada siapapun termasuk yang kita anggap sebagai musuh. Karena, seperti arti peribahasa di atas, siapa pun yang berbuat kejahatan maka ia akan menerima akibat dari perbuatannya itu.

Begini kisahnya …

Dulu, seekor tikus dan seekor kodok berteman baik. Setiap pagi, si kodok melompat keluar dari kolam untuk mengunjungi si tikus yang tinggal di sebuah lubang di sisi sebuah pohon. Si kodok berencana pulang pada siang hari.

Si tikus senang sekali dengan kedatangan si kodok tanpa menyadari bahwa si kodok diam-diam berubah menjadi musuh bagi si tikus. Mengapa demikian? Si kodok merasa kesal karena si tikus tidak pernah datang berkunjung ke tempatnya padahal ia selalu mengunjungi si tikus setiap hari.

Suatu hari, si kodok benar-benar merasa kesal. Ketika si kodok akan meninggalkan si tikus, si kodok mengikatkan salah satu ujung tali di kakinya dan ujung lainnya diikatkan pada ekor si tikus. Kemudian si kodok melompat membuat si tikus melayang-layang di belakangnya.

Si kodok berenang ke kolamnya. Si tikus yang ekornya terikat berusaha untuk melepaskan diri namun tidak bisa. Akhirnya si tikus mati tenggelam. Tak lama kemudian, tubuhnya yang gembung mengapung di atas permukaan air kolam.

Tak lama kemudian seekor elang melihat si tikus yang terapung di atas permukaan air kolam. Dengan cepat sang elang terbang menukik dan mencengkeram tubuh si tikus dengan cakarnya yang tajam. Sang elang kemudian terbang diantara pepohonan.

Si kodok yang masih terikat dengan si tikus juga ikut keluar dari kolam. Dengan susah payah si kodok berusaha melepaskan diri dari ikatan tali yang ia sendiri lakukan sebelumnya. Namun usahanya sia-sia, dan sang elang pun mengakhiri perjuangan si kodok.

Kalau menurut orang-orang Afrika, janganlah menggali lubang terlalu dalam bagi musuh Anda, karena Anda pun akan jatuh ke dalamnya.

Advertisements