Hidup dengan Segala Kekurangan Yang Kita Miliki

Tuhan menciptakan setiap makhluk di muka bumi ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kenyataannya, kita terlalu sibuk memikirkan segala kekurangan itu tanpa mampu melihat kelebihan yang dimiliki dan lebih suka iri dengan kelebihan yang dimiliki orang lain. Akibatnya, kita menjadi makhluk yang tidak bersyukur dan hidup kita menjadi tidak bahagia seperti kisah berikut ini.

Hari itu adalah hari yang baik selama musim hujan. Seekor merak menari dengan gembira di dalam hutan. Tiba-tiba dia teringat akan suaranya yang kasar dan jelek. Wajahnya berubah menjadi pucat dan matanya mulai berair.

Tiba-tiba ia melihat burung bulbul hinggap di sebuah pohon di dekatnya dan bernyanyi. Mendengarkan burung bulbul itu bernyanyi, merak menggerutu, “Burung itu memiliki suara yang indah, siapapun yang mendengarnya pasti suka dan memujinya. Tetapi ketika aku mengeluarkan suaraku, semua orang pasti mengejekku. Betapa sialnya aku”.

Tak lama kemudian munculah istri Jupiter yang bernama Juna. Jupiter adalah pimpinan para dewa.

Sang Dewi, Juna bertanya pada merak, “Mengapa kau berkata demikian?”

Merak kemudian keluar sambil menangis. Merak berkata, “Aku memiliki tubuh yang indah dan dipuji oleh semua orang tetapi suaraku begitu buruk. Semua orang menertawakan hal itu. Jadi kecantikanku ini tidak berguna”.

Sang Dewi menjawab, “Kau adalah satu-satunya makhluk hidup yang tidak bahagia. Setiap makhluk hidup yang diciptakan Dewa masing-masing telah diberikan kelebihan, seperti kau dengan tubuh yang indah, elang dengan kekuatannya, burung bulbul dengan suaranya yang indah, dan sebagainya. Jadi, janganlah kau menyesali kekurangan yang kau miliki. Terimalah segala kekuranganmu dan berbahagialah “.

Kita harus mensyukuri segala kekurangan yang kita miliki. Kita tidak boleh iri dengan kelebihan yang dimiliki orang lain. Belajar menerima segala kekurangan dan menjalaninya akan membuat hidup kita jauh lebih bahagia.

Sumber : http://www.kidsfront.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s